Mengelola waktu


"waktu", adalah sumber daya yang harus dikelola dan merupakan suatu anugerah dari maha pencipta untuk insanNya. Tuhan menganugerahi waktu 24 jam sehari bagi setiap orang untuk beraktivitas dan menikmati hidup. Tetapi kita sering merasa kekurangan waktu, bahkan seolah-olah hidup kita begitu dikendalikan oleh waktu ?

Ketika jam menunjuk angka 5, kita harus segera bangun dan bersiap ke sekolah, tempat kerja, kalau kita mengabaikan terlambatlah pasti, padahal mata masih terasa berat dan tubuh masih ingin menikmati hangatnyaa selimut. Di tempat kerja sudah menunggu setumpuk tugas-tugas, karena deadline waktu yang tidak boleh kita lewati, di sekolah sudah menunggu banyak bahan pelajaran karena tiba waktu untuk maju ujian. Seakan kita kehabisan waktu yang 24 jam perhari itu, tetapi semua itu bisa teratsi jika kita bisa mengelolanya.
Mengelola waktu dengan benar akan membuat hidup kita terasa nyaman dan kita tak akan terkekang oleh waktu, jika kita membiarkan diri dikendalikan olehnya, hidup terasa begitu sempit,jadikanlah waktu sebagai anugrah dari Allah untuk menikmati hidup.

Dalam mengelola waktu kita pahami dulu dua pengertian tentang waktu, yaitu sebagai kronos dan kairos. Kronos adalah waktu-waktu yang kita jalani dari hari ke hari, mingu, bulan hingga tahun, semua itu dapat diistilahkan dengan kronologis. Sedangkan kairos adalah waktu yang bermakna bagi kita. Dari usia 0 tahun hingga kita dipanggil olehNya.dalam menjalani kronos, ada saat-saat penting yang membawa kesan tersendiri bagi kita, misalnya saat pertama masuk sekolah, saat berantem dengan sahabat, saat pertama kali jatuh cinta, saat menjadi juara dan sebagainya. Itulah kairos, saat-saat bermakna dalam perjalanan hidup yang dapat membentuk karakter diri kita.

Dalam istilah lain Kairos adalah hal penting dari suatu kurun waktu dalam hidup, bisa itu peristiwa besar ataupun kecil bahkan sepele, tapi dengan suatu peristiwa itu kita dapat menjadikan pelajaran untuk hidup ini. dengan kata lain belajarlah peka untuk melihat makna dari balik peristiwa.Ada perbedaan besar antara orang yang hanya sekedar menjalani kronos dengan orang yang mampu melihat kairos-kairos dalam hidupnya.

Orang yang mau memahami waktu sebagai kairos, melihat hidup sebagai kesempatan , bukan sekedar hidup yang dijalani begitu saja tanpa makna. Kesempatan untuk mengalami suka dan duka, sukses dan gagal, yang memproses diri kita menjadi pribadi yang matang dan tangguh. Kesempatan untuk mengisi hidup ini dengan banyak hal yang bermakna.
marilah kita mengubah kronos menjadi kairos dengan mengelolanya dengan bijak, karena dengan memahami kairos hidup menjadi lebih berharga, kita tidak akan menyia-nyiakan waktu hanya untuk kegiatan yang tak ada artinya,
ada 3 hal utama dalam mengelola waktu yaitu rencana, tujuan yang akan dicapai dan sebuah tindakan

Kita harus mulai dengan merencanakan kita akan kemana, target apa yang akan kita capai.kemudian tujuan, apa sih tujuan kita hidup, ini penting karena kita mengemban sebuah amanah dari Allah sebagai makhlukNya. kita harus meredefinisikan tujuan hidup ini dengan benar. Jangan sampai di hari tua kita baru menyesal " Mengapa aku tidak menata hidupku sejak muda " atau kita baru menyadari " Mengapa hidupku jadi begini?" setelah itu baru tindakan. Segera lakukan apa yang sudah direncanakan! Jika tidak, semua target dan rencana yang kita buat tidak punya arti apa-apa. Untuk memulai tindakan ini kita harus menghilangkan kebiasaan2 menunda pekerjaan dan harus mampu mendisiplin diri sendiri.
Keberhasilan dalam mengelola waktu berkaitan dengan kebiasaan kita sehari-hari. Jika kita sudah terbiasa hidup tanpa planning, atau terbiasa menunda-nunda sesuatu, akan sangat sulit mendisiplin diri dengan jadwal waktu yang terencana. Mengubah kebiasaan adalah hal yang sulit, namun kesuksesan diraih dengan kemauan dan keberanian untuk berubah. Berubah ke arah yang lebih baik dari hari ke hari, terutama dalam hal manajemen waktu.


Comments :

0 komentar to “Mengelola waktu”

Posting Komentar